Selasa, 03 April 2012

Seniman Kuba Buat Patung Dari Daun Tembakau


Keyword:

 
Kuba menjadi gudangnya tembakau terbaik di dunia. Tapi bagi seorang seniman di sana, tembakau ternyata tidak hanya dipakai untuk membuat rokok, namun juga bisa digunakan untuk membuat karya seni.

Janio Nunez, seorang seniman kelahiran Kuba, memiliki keahlian khusus untuk mengubah daun tembakau yang ada menjadi sebuah patung. Dari tangan Janio, telah tercipta berbagai bentuk patung mulai dari ukuran mini hingga sebesar manusia.

Kecintaan Janio terhadap tembakau telah dimulai sejak kecil. Sering melihat sang kakek yang bekerja sebagai buruh linting rokok di pabrik, Janio mulai belajar mengikuti jejak kakek tercinta menjadi seorang pelinting rokok. Maka jadilah Janio bekerja di pabrik rokok dimana sang kakek pernah menjadi karyawan.

Namun dalam prosesnya, takdir membawa Janio ke arah lain. Setelah menjalani beberapa evaluasi dari manajemen, Janio di kirim ke Varadero, sebuah resort terbesar di Kuba, untuk menunjukkan kebolehannya melinting rokok di depan wisatawan.

 
Courtesy of Oddity Central.

Segalanya berjalan normal hingga pada suatu hari, Janio mulai merasakan sesuatu yang aneh. Ia melihat seluruh pekerja di sana berubah menjadi tembakau dan kondisi tersebut terus terjadi hingga 4 bulan sehingga memaksanya konsultasi ke dokter.

Pengalaman yang dianggapnya sebagai sesuatu yang mistis tersebut pada akhirnya memberikan inspirasi untuk menekuni seni tersebut. Sejak saat itu, Janio mulai menciptakan berbagai macam patung dari tembakau. Salah satunya adalah koleksi patung yang diberi judul 'Famous Smoker', dimana didalamnya ada miniatur tokoh dunia seperti Fidel Castro, Jack Nicholson, Winston Churchill, Che Guevara, hingga Arnold Schwarzenegger.

   
Courtesy of Oddity Central.
Setelah itu, karya seninya semakin mendunia. Tercatat, hasil karyanya sudah pernah dipajang dalam lebih dari 50 even tembakau di seluruh dunia. Dan Janio pun telah berulang kali diundang untuk hadir di berbagai pameran seni di berbagai negara.

Bahkan Janio pernah mendapatkan kunjungan khusus dari cucu Winston Churcill di tahun 2000 silam setelah membuat patung dari mantan Perdana Menteri Inggris di masa silam. Kontan saja, nama Janio semakin melambung dan mendapat perhatian khusus dari seluruh media dan pengusaha tembakau di seluruh dunia.

 
Courtesy of Oddity Central.
Kini Janio terus mengkreasikan karyanya di studio kecil miliknya di Guanabo yang berjarak sekitar setengah jam dari kota Havana. Kedepannya, Janio berencana menciptakan patung paling besar agar dapat masuk ke dalam buku catatan Guiness World Record sekaligus mendirikan museum seni tembakau.

Yang pasti, Janio setidaknya sudah membuktikan bahwa tembakau bisa dimanfaatkan untuk hal yang lebih positif dibandingkan hanya untuk membuat rokok.

(as/odditycentral)

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.